Kamis, 09 Juni 2016

Tangisan saat berbuka puasa

TANGISAN IMAM MALIK BIN ANAS SAAT BERBUKA PUASA

Dalam sebuah riwayat di sebutkan bahwasanya suatu ketika dibulan Ramadhan pada saat berbuka puasa Imam Malik bin Anas menangis tersedu-sedu hingga bercucuran air matanya membasahi janggut, lalu salah satu muridnya bertanya :

- Murid : ''Wahai guruku yg mulia, ada apakah gerangan sehingga engkau menangis sedemikian sedih serta menyayat hati kami'' ???, Apakah ada di antara kami yg membuat hatimu sedih, atau hidangan yang ada saat ini kurang berkenan ??!

+ Imam Malik : ''Tidak.. tidak wahai murid-muridku, Sungguh kalian adalah murid-murid terbaikku dan sangat khidmah padaku, bahkan hidangan ini teramat nikmat buatku''

- Murid : ''Lalu gerangan apakah Yang membuatmu menangis sedemikian dahsyatnya wahai guru kami tercinta...??!

+ Imam Malik : ''Sungguh aku pernah berbuka puasa dengan guruku Al-Imam Ja'far As-shoodiq cucu baginda Rasulullah, dengan makanan yang teramat nikmat seperti saat ini, beliau berkata sambil terisak :
WAHAI IBNU ANAS (IMAM MALIK), TAHUKAH ENGKAU, BAHWASANYA RASULULLAH TERKADANG BERBUKA PUASA HANYA DENGAN 3 BUTIR KURMA DAN AIR, AKAN TETAPI RASULULLAH TETAP MERASA SANGAT NIKMAT PENUH SYUKUR, BAHKAN SERING KALI RASULULLAH BERBUKA PUASA HANYA DENGAN SEBUTIR KURMA DAN DIBAGI DUA DENGAN ISTRI TERCINTA AISYAH. DAN SUNGGUH RASULULLAH TETAP MERASA NIKMAT PENUH SYUKUR.

RASULULLAH SEDIKIT MAKAN SAHUR DAN MAKAN BUKA PUASA, RASULULLAH SANGAT BANYAK BERIBADAH DAN BERSYUKUR, RASULULLAH SELALU MENDOAKAN KITA UMMATNYA YANG SEEING LALAI DAN MELUPAKAN RASULULLAH.

SEDANGKAN HARI INI KITA DIPENUHI DENGAN MAKANAN YANG NIKMAT DALAM BERBUKA PUASA, AKAN TETAPI SANGATLAH JAUH DARI RASA SYUKUR DAN IBADAH".

+Imam Malik: tahukah kalian setelah berkata seperti itu, guruku manusia yg mulia itu (Alimam Ja'far as-shoodiq) pingsan karena tidak mampu mengenang perjuangan dan akhlak Rasulullah..

Allah...Allah...Ya  Rasulallah...

Mari tatap perhatikan dan renungkan  santapan sahur dan berbuka kita.. kemudian tela'ah amal ibadah kita..

Seimbangkah IBADAH kita dengan Nikmat Yang telah Allah berikan saat ini...???

Sudah bersyukurkah kita atau malah kufur ni'mat... ????

Semoga menjadi pemicu bagi kita semua untuk lebih semangat lagi dalam IBADAH, BERSYUKUR,  dan menggapai RidhoNya dibulan yang penuh dengan Rahmat dan Ampunan Allah.

(Ulinnuha Mushlihin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar